Pep: Gelar tidak penting ( tetapi nyatanya mereka juara musim ini )


Pelatih Barcelona Josep Guardiola (kiri).

Rabu, 5/5/2010 | 07:42 WIB

BARCELONA, KOMPAS.com - Pelatih Barcelona, Josep "Pep" Guardiola, mengatakan, baginya, yang penting adalah bagaimana tim bermain di lapangan, entah apakah itu berujung gelar atau tidak.

Barcelona sudah tak memiliki ajang selain Divisi Primera untuk mereka juarai musim ini. Satu-satunya peluang ini pun mendapat ancaman serius dari Real Madrid.

"Madrid pantas menjuarai liga dan kami juga. Saya tak bisa menyalahkan tim atau meminta lebih dari apa yang anak-anak ini telah lakukan. Bagaimana bisa Anda meminta mereka memenangi liga?. Bila mereka (menjuarainya) itu hebat. Kalau tidak, juga hebat. " ujarnya.

"Jadi, saat turun minum tadi, saya katakan, 'Menangkan ini bila kamu bisa dan bila tidak, jangan khawatir.' Saya, sebagai pesepak bola tak bisa melakukan apa yang anak-anak ini lakukan. Para pemain ini akan lebih menganggumkan saat mereka gagal menjuarai liga, ketimbang saat mereka meraihnya,"

"Akan ada evaluasi bila kami gagal atau menjadi juara. Namun, itu tak membuat saya khawatir. Ketika ini selesai, kami akan gembira bila menang dan sedih bila tidak. Namun, setelah delapan hari, kami akan melupakannya dan mengatakan, 'Musim lalu luar biasa,'" tambahnya.

"Kami memiliki 93 poin dan saya pun tak bisa memercayainya. Kami masih harus melawan Sevilla untuk menang supaya bisa menjadi juara. Ini adalah pertandingan ke-17 yang kami lakoni setiap tiga atau empat hari secara berturut-turut. Usaha (pemain) sangat luar biasa," tambahnya. (GL)

Komentar

Postingan Populer